Friday, September 4, 2009

Strategi pemasaran "keuntungan dari memiliki brand image produk anda sendiri"

Strategi pemasaran 2.miliki  brand image produk anda sendiri

brands

Strategi pemasaran nutra sweet .Bayangkan Nutra Sweet, pemanis buatan untuk orang-orang yang takut pada

kalori tinggi. Nutra Sweet tidak mau bersembunyi dalam produk yang menggunakan

jasanya, melainkan juga tampil ke atas. Kalau Anda minum Diet Coke yang ada Nutra

Sweet di dalamnya juga sadar akan hal tersebut. Mengapa ? Ada logo Nutra Sweet

tercantumg di kaleng Diet Coke. Supaya bisa tampil di situ, Nutra Sweet memberikan

diskon tertentu pada waktu Coca Cola melakukan pembelian.

Yang lebih hebat lagi adalah Intel. Perusahaan ini adalah pembuat

mikroprosesor- jantung komuter apa saja. Barang inilah yang memproses semua data

dan mengubahanya menjadi informasi. Barang ini pula yang menentukan sebuah

komputer bisa bekerja cepat atau tidak, akurat atau tidak, dan sebagainya. Tahu akan

pentingnya peran yang dipunyai, Intel selalu minta pada perusahaan komputer mana

pun untuk mencatumkan kata Intelinside. Apa akibatnya?

Aturan main industri komputer berubah. Dulu, perusahaan hardware yang

memegang komando, dan perusahaan software harus menyesuaikan diri dengan

perangkat keras. Dan merek micro-processor chip tidak pernah dikenal orang. Sekarang

keadaan jadi berbalik. Orang komputer bilang, ada yang disebut Microtel Camp. Microtel

adalah kepanjangan dari Microsoft dan Intel. Komputer apa pun mereknya, kalau tidak

kompatibel dengan program-program Window, akan sulit dijual. Demikian juga kalu

sebuah komputer tidak pakai Intel Chip, orang akan kurang menghargainya.

Dua kasus di industri high-tech ini tidak sama dengan kasus sebelumnya. Tapi

ada satu pelajaran yang bisa ditarik. Siapa yang pegang brand, dialah yang lebih

dominan.

Dalam kasus mebel, tambak, dan garmen, nilai tambah terbesar diambil oleh

yang punya brand dan tahu pasar. Tukang jahit yang hanya tahu produksi, tapi tidak

tahu pasar, cuma mendapat nilai tambah relatif kecil. Margin yang diterima pun dibatasi

oleh yang punya brand dan tahu pasar.

Untuk lebih lengkapnya mengenai peranan brand image produk

[Via http://zakysulaiman.wordpress.com]

No comments:

Post a Comment