Strategi pemasaran 2.miliki brand image produk anda sendiri
brands
Strategi pemasaran nutra sweet .Bayangkan Nutra Sweet, pemanis buatan untuk orang-orang yang takut pada
kalori tinggi. Nutra Sweet tidak mau bersembunyi dalam produk yang menggunakan
jasanya, melainkan juga tampil ke atas. Kalau Anda minum Diet Coke yang ada Nutra
Sweet di dalamnya juga sadar akan hal tersebut. Mengapa ? Ada logo Nutra Sweet
tercantumg di kaleng Diet Coke. Supaya bisa tampil di situ, Nutra Sweet memberikan
diskon tertentu pada waktu Coca Cola melakukan pembelian.
Yang lebih hebat lagi adalah Intel. Perusahaan ini adalah pembuat
mikroprosesor- jantung komuter apa saja. Barang inilah yang memproses semua data
dan mengubahanya menjadi informasi. Barang ini pula yang menentukan sebuah
komputer bisa bekerja cepat atau tidak, akurat atau tidak, dan sebagainya. Tahu akan
pentingnya peran yang dipunyai, Intel selalu minta pada perusahaan komputer mana
pun untuk mencatumkan kata Intelinside. Apa akibatnya?
Aturan main industri komputer berubah. Dulu, perusahaan hardware yang
memegang komando, dan perusahaan software harus menyesuaikan diri dengan
perangkat keras. Dan merek micro-processor chip tidak pernah dikenal orang. Sekarang
keadaan jadi berbalik. Orang komputer bilang, ada yang disebut Microtel Camp. Microtel
adalah kepanjangan dari Microsoft dan Intel. Komputer apa pun mereknya, kalau tidak
kompatibel dengan program-program Window, akan sulit dijual. Demikian juga kalu
sebuah komputer tidak pakai Intel Chip, orang akan kurang menghargainya.
Dua kasus di industri high-tech ini tidak sama dengan kasus sebelumnya. Tapi
ada satu pelajaran yang bisa ditarik. Siapa yang pegang brand, dialah yang lebih
dominan.
Dalam kasus mebel, tambak, dan garmen, nilai tambah terbesar diambil oleh
yang punya brand dan tahu pasar. Tukang jahit yang hanya tahu produksi, tapi tidak
tahu pasar, cuma mendapat nilai tambah relatif kecil. Margin yang diterima pun dibatasi
oleh yang punya brand dan tahu pasar.
Untuk lebih lengkapnya mengenai peranan brand image produk
No comments:
Post a Comment